Selasa, 29 April 2008

Mengapa Sholawat

Subhan_Allah by Sighing quietly

"Eid Mubarak" by muslimz


Mengapa harus sholawat
Oleh
Ustadzah Dzuriyatul Farihah Spd
Pengasuh
Pondok Pesantren

“MANBAUL QUR’AN”
Sukosono,
Jepara



Semakin manusia mempunyai adab/tatakrama, semakin pandai seorang hamba bersyukur itulah salah satu tanda yang paling utama keluhuran budi manusia.
Tertarik membaca artikel Nurull Hudha Bellina Mahasisa Fakultas Seni Rupa [UNY] yang mengakhiri tulisannya dengan suatu ajakan antara lain :

Ibu, mari kita senantiasa memperbaiki diri, tekun mengkaji, dan berusaha menjadi hamba AllaaHh Shub-HanaHhu wa ta’aalaa yang shalihah sehingga dapat mendidik anak-anak yang kelak menjadi penolong agama AllaaHh Shub-HanaHhu wa ta’aalaa Ilmu merupakan pemelihara iman, maka selain menumbuhkan keimanan dalam jiwa anak, bekali pula mereka dengan ilmu sehingga mereka menjadi generasi-generasi mu’min yang kokoh.

Bukankah Rasul utusan AllaaHh Shub-HanaHhu wa ta’aalaa Nabi Agung Sayyidina Muhammad SAW, sebagai pendidik dan perantara utama bagi pengetahuan dan keimanan hamba hamba AllaaHh Shub-HanaHhu wa ta’aalaa
Berdasarkan logika tersebut, Beliau merupakan “Kekasih” pilihan AllaaHh Shub-HanaHhu wa ta’aalaa yang paling besar jasanya memberikan contah akhlak yang mulia.


Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung
68. Al Qalam [68] : 4


Dalam kontek membalas jasa dan berterimakasih kepada Rasul utusan AllaaHh Shub-HanaHhu wa ta’aalaa Nabi Agung Sayyidina Muhammad SAW, maka AllaaHh Shub-HanaHhu wa ta’aalaa memerintahkan bersholawat untuk Beliau. Dan
perlu diingat bahwa perintah bersholawat bukan inisiatif atau kehendak pribadi Rasul utusan AllaaHh Shub-HanaHhu wa ta’aalaa Nabi Agung Sayyidina Muhammad SAW, akan tetapi bersumber dari Firman AllaaHh Shub-HanaHhu wa ta’aalaa


Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi[1229]. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya[1230].

[1229] Bershalawat artinya: kalau dari Allah berarti memberi rahmat: dari malaikat berarti memintakan ampunan dan kalau dari orang-orang mukmin berarti berdoa supaya diberi rahmat seperti dengan perkataan:Allahuma shalli ala Muhammad.
[1230] dengan mengucapkan perkataan seperti:Assalamu'alaika ayyuhan Nabi artinya: semoga keselamatan tercurah kepadamu Hai nabi.
QS. Al Ahzab [33] : 56


Apa yang tersurat dalam Al Qur’an, jika kita pandai membaca apa yang tersirat niscaya hamba AllaaHh Shub-HanaHhu wa ta’aalaa akan selamat dunia dan akhirat, amin


Dan orang-orang mukmin dan beramal soleh serta beriman kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad dan itulah yang haq dari Tuhan mereka, Allah menghapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan memperbaiki keadaan mereka.
QS. Muhammad [47] : 2


Insya Allah, penulis akan selalu medampingi redaksi airmatamursid dan memberikan masukan dan semoga bermanfa’at buat diri pribadi penulis juga pembaca yang dicintai AllaaHh Shub-HanaHhu wa ta’aalaa.
selain itu penulis tidak akan mengupas secara detail “mengapa harus sholawat” tak lupa semoga langkah kita selalu mendapat ridlo, amin.

1 komentar:

rommy CASSONO mengatakan...

betul mhak farikha..........