Selasa, 22 April 2008

Takdir Mu'allaq


"All the same" by Muslimz

Ethiopia Muslim Kids - Islam by Ademmm


" a way " by elbrg3
Takdir Mu’allaq
Oleh
Ustadzah Dzuriyatul Farihah Spd

Pengasuh
Pondok Pesantren
“MANBAUL QUR’AN”
Sukosono,
Jepara


Setelah kita mengenal Takdir Mubrom yaitu ketentuan Allah SWT yang tidak dapat dirubah, kita sudah sedikit mendalami sekelumit & mencoba membuka simpul-simpul rashasia yang telah difirmankan Allah SWT, sekarang kita mulai mencoba mencermati rahasia yang tersurat dalam AlQur’an dan sebagai hamba Allah kita mulai belajar membaca sesuatu yang tersirat dari titik menuju titik hingga kita berharap deretan titik itu dapat menjadikan garis lurus hingga kita mampu mencinta Allah SWT.


Ya Allah takdirkan hamba ini menjadi hamba yang senantiasa berusaha dan berdo’a dan selalu ridlo dengan ketentuan takdirMU jauhkanlah hamba dari siksa kubur dan siksa api neraka



Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup[191]. dan Engkau beri rezki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)".

[191] sebagian Mufassirin memberi misal untuk ayat Ini dengan mengeluarkan anak ayam dari telur, dan telur dari ayam. dan dapat juga diartikan bahwa pergiliran kekuasaan diantara bangsa-bangsa dan timbul tenggelamnya sesuatu umat adalah menurut hukum Allah.
QS. Ali Imran [3] : 27


Katakanlah: "Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang Telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah pelindung kami, dan Hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal."
QS. At Taubah [9] : 51


Allah SWT tetap memberikan kelonggoran kepada manusia walaupun semua kehidupan manusia dan semua makhluk ciptaan Allah telah diatur dengan ketentuan Takdir Mubrom, Allah memberikan kelonggaran dengan Takdir Mu’allaq yaitu takdir yang manusia diberikan kelonggaran berusaha semaximal mungkin agar apa yang dicitakan dapat terwujud, akan tetapi bukankah manusia masih bergelut dan terselimuti dengan hawa nafsu ? untuk hal yang demikian ini manusia harus tetap waspada dan memasukkan Takdir Mubrom dalam relunghati, agar hati manusia tidak takabur dan terlena dengan adanya Takdir Mu’allaq. Sungguh manusia hanya berusaha dan berdo’a sedang keputusan akhir adalah Allah yang Maha pengasih dan penyayang


Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu[98], dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.

[98] Maksudnya: Aku limpahkan rahmat dan ampunan-Ku kepadamu.
QS. Al Baqarah [2] : 152


Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.
Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.
QS. Al Ahzab [33] 41, 42

Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). dan adalah dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.
Salam penghormatan kepada mereka (orang-orang mukmin itu) pada hari mereka menemui-Nya ialah: Salam[1224]; dan dia menyediakan pahala yang mulia bagi mereka.

[1224] artinya: sejahtera dari segala bencana
QS. Al Ahzab [33] 43, 44

Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah Telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.
QS. Ath Thalaaq [65] : 3


Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".
QS Ibrahim [14] : 7

Tidak ada komentar: